Selasa, 12 Januari 2010

A MILD, DJARUM COKLAT, SURYA 16

Iklan: A MILD versi “Go A Head People With Shadows”


Andoko Darta Doni Prianto Shafiq Muljanto
Konsep kreatif **** **** *****
Komunikasi *** *** ****
Eksekusi **** *** ****
Komentar Konsep kreatifnya baik, dengan catatan, konsumen harus melihat iklan ini dengan frekuensi cukup sering sebelum mereka benar-benar mengerti komunikasi iklan ini. Pesan “go ahead” disampaikan dengan cara yang sangat berbeda akan lebih diingat oleh konsumen, jika konsumen dapat menangkap maksud iklan ini. Ide 'kenyataan VS bayangan' menarik, tapi pengolahan menjadi pesan 'Go Ahead' kurang optimal karena 'directing' tata gerak para 'shadow' kurang tergarap. Merupakan konsep baru dari rangkaian panjang kampanye a mild. Sangat kuat, fresh, tetapi saya merasa ada jarak dengan pemirsanya.

Iklan: DAJRUM COKLAT versi “Nidji Sing Erwin Gutawa Song”


Andoko Darta Doni Prianto Shafiq Muljanto
Konsep kreatif *** * ****
Komunikasi *** ** ****
Eksekusi *** **** ****
Komentar Iklan semacam ini sangat banyak ditemui di banyak kategori, sehingga menyulitkan konsumen untuk mengingat bahwa iklan kegiatan outdoor, nyanyi nyanyi dan menggunakan grup band Nidji adalah iklan Djarum Coklat.

Pesan yang ingin disampaikan juga jadi kurang jelas dimana di akhir iklan tidak ditutup dengan pesan utama brand yang ingin diingat oleh konsumen.

Pada dasarnya Jingle Djarum Coklat, baik irama maupun liriknya tidak kuat. Jadi biar pun digarap Erwin Gutawa, Nidji dan Orkestra Praha, ga bisa keren. Banyak ketolong dengan eksekusi. Tidak ada yang baru ditawarkan, selain eksekusi yang baik. Tetapi saya merasa ada relevansi yang sangat kuat dengan target perokoknya.

Iklan: SURYA 16 versi “Building City At The Beach”


Andoko Darta Doni Prianto Shafiq Muljanto
Konsep kreatif **** *** ****
Komunikasi **** * (**) ****
Eksekusi **** ***** *****
Komentar Konsep kreatifnya baik karena dapat dengan menarik menyampaikan pesan citra ekslusif yang ingin di usung Surya 16.

Penggunaan teknik story telling digarap dengan baik, dengan mengangkat sikap bijaksana, percaya diri dan pantang menyerah seorang eksekutif muda dalam mengerjakan sebuah karya. Komunikasi jelas dan eksekusinya juga digarap dengan apik.

Visi awal Keberhasilan untuk Surya 16? Komunikasi yang 'Set back ' / mundur (*) karena komunikasi yang dulu adalah kesan mapan/sudah berhasil. Kecuali kalau memang sengaja menggeser target audience ke yang lebih muda. Komunikasinya jadi standard ( ***). Eksekusinya nyaris mendekati sempurna tetapi untuk sebuah produk rokok konsepnya terasa sangat serius dan jauh dari targetnya.

Keterangan Score: * sangat buruk, ** buruk, *** sedang/standard, **** baik, ***** sangat baik

Juri: Andoko Darta, Co Chairman Adwork! EURO RSCG; Doni Prianto, Managing Director Avicom Advertising; Shafiq Muljanto, Creative Director Dentsu Strat.

Sumber : Marketing Mix

2 komentar:

  1. Did you know that you can make cash by locking selected sections of your blog or site?
    Simply open an account on Mgcash and implement their Content Locking tool.

    BalasHapus
  2. Are you monetizing your premium file uploads?
    Did you know that Mgcash will pay you an average of $500 per 1,000 link unlocks?

    BalasHapus